Snippet

Free time not for free activity



        Sering kali dalam perjalanan kehidupan, kita menjumpai waktuwaktu yang kosong tanpa aktivitas, mungkin pada saat liburan, cuti atau tidak ada tugas yang dikerjakan. Terkadang ada sebagian orang yang menghabiskan waktu luangnya dengan aktivitas aktivitas yang mungkin kurang bermakna, seharian penuh di dean televisi tanpa menghasilkan produktivitas sedikit pun, aktifitasnya tidak jauh dari kasur dan meja makan dan sebagainya.  Namun, ada sebagian orang yang tidak bisa “hidup” jika masih tersisa waktu yang dimilikinya, sedikit saja saja waktu kosong tanpa sebuah aktivitas. Untuk itulah, apabila anda tidak ingin merugi dengan “perniagaan” waktu anda ini, maka manfaatkanlah sebaik mungkin waktuluang anda untuk menghasilkan sebuah produktivitas yang dapat bernilai manfaat. Dengan cara bagaimana?

  1. Berfikirlah kreatif dan ciptakan Produktivitas.
Lalu, bagaimanakah cara membangkitkanya? Cobalah berpikir tentang “Apa yang bisa kita lakukan saat ini? Munculkan dalam pikiran anda tentang “Apa yang belum dilakukan oleh orang lain? Maka lakukanlah!

    2.       Manfaatkanlah waktu anda untuk selalu belajar.
Biasakn banyak membaca dan menghasilkan karya karya besar dalam waktu luang kita ini. Betapa banyak orang yang telah menghasilkan karya karya besar disaat mereka berada dalam waktu luang yang banyak. Perhatikanlah bagamana Hamka mampu menelurkan karya besar berupa tafsir Al Azhar, bahkan hal itu terjadi saat beliau sedang berada di dalam penjara. Begitu pula dengan Abdul Qadir Jaelani, yang dikenal dengan singan podium pada masa orde baru karena kasus Tanjung Priok, Anehnya mereka menghasilkan karya karya besar disaat mereka berada dalam penjara dunia yang memiliki waktu luang cukup panjang.

     3.       Bersantailah dan bergembiralah

Carilah banyak pengalaman dengan  banyak melakukan sesuatu yang baru.temukan banyak pelajaran dari kegiatan bersantai anda itu. Mungkin anda bisa menggunakna waktu luang anda dengan berjalan jalan, bermain dengan keluarga atau dengan aktivitas lain yang banyak manfaatnya namun teptap menyenagkan untuk mengisi waktu luang anda. 

Demikian cara mengisi aktu luang yang produktif dan optimal. Jangan sampai waktu luang yang kita miliki kita sia siakan begitu saja karena manusia tidak seterusnya dberikan kesempatan waktu luang oleh Allah SWT.

Leave a Reply

Komen ForBetter untuk Kecoa

Popular Posts